Home / Kegiatan Madrasah Tsanawiyah (MTs) / AL-BANJARI BUKAN HANYA AJANG UNTUK MERAMAIKAN KEGIATAN KEBERAGAMAAN

AL-BANJARI BUKAN HANYA AJANG UNTUK MERAMAIKAN KEGIATAN KEBERAGAMAAN

Kesenian musik rebana yang mempunyai keterkaitan sejarah pada masa penyebaran agama Islam oleh Sunan Kalijaga yang sekarang ini akrab disebut dengan banjari. Iramanya yang menghentak, variatif dan rancak membuat kesenian ini banyak digrandrungi masyarakat. Kesenian banjari juga sering dijadikan sebagai pembukaan kegiatan keagamaan maupun ajang perlombaan berbagai tingkat. Sebagaimana keikut sertaan siswa MTs. Mamba’us Sholihin pada hari jum’at (10/1) yang bertempat di Lapangan SMK Miftahul Ulum Mlirang Bungah Gresik, yang diikuti oleh 30 peserta dari berbagai grup sholawat al- banjari se Gresik- Lamongan.

Dengan dibarengi banyak rintangan mulai dari turunnya hujan pada saat lomba dan mendapat giliran tampil pada malam hari, tidak menyulutkan semangat peserta didik dalam mengikuti lomba tersebut. Sebagaimana pribahasa “usaha tidak akan menghianati hasil” para peserta didik berusaha untuk mempersiapkan lomba tersebut dengan sangat tekun sehingga pada saat terakhir tibalah pengumuman juara atas dua kategori. Yang mana peserta didik mendapatkan Juara 1 dalam kategori pelajar.

Ada berbagai pelajaran dan manfa’at dalam kesenian banjari ini, pertama, agar timbul dihati peserta didik untuk selalu cinta kepada sebaik-baik makhluq yaitu Nabi Muhammad SAW.

Ustadz Qomaruddin mengatakan “dalam mengikuti lomba,  khususnya banjari ini sangatlah penting dalam menata niat para peserta didik, jangan sampai pesera didik berniatan untuk menjadi Juara dan tujuan dunia lainnya, harus lebih dari itu, dengan berniatan mendapatkan syafaat beliau Nabi Muhammad Shollallahu ‘alaihi wasallam di akhirat kelak.”

Kedua, timbulah rasa saling membantu dan bekerja sama antar peserta, Banjari dimainkan oleh beberapa orang, seluruh anggota harus saling kerja sama. Tiap anggota bertanggung jawab atas tugas masing-masing. Jika kerja sama terjalin, musik yang terdengar akan tampak harmoni. Kerja sama ibarat bangunan yang kokoh, saling menguatkan satu dengan yang lain. Jika satu bagian patah, bangunan tidak lagi nampak kokoh

ketiga, agar terbiasa bersholawat, lagu yang dibawakan dalam lomba Al-banjri ini sebagian besar lagu-lagu sholawat, dalam sholawat sangatlah banyak keutamaan.