Home / Isi Menu / PROFIL PONDOK PESANTREN

PROFIL PONDOK PESANTREN

Pondok Pesantren Mambaus Sholihin berlokasi di Jl. KH. Syafi’I No. 7 Suci Manyar Gresik, 7 km dari pusat kota Gresik. Pondok Pesantren Mambaus Sholihin dirintis oleh KH. Abdullah Faqih yang merupakan ayahanda dari KH. Masbuhin Faqih sejak tahun 1969. Berbentuk surau kecil untuk mengkaji Alquran dan kitab kuning (sebutan untuk kitab kajian keislaman yang dicetak dengan kertas kuning.

Pada 1976 KH. Masbuhin Faqin mendapatkan restu sekaligus perintah untuk berjuang di masyarakat oleh guru beliau KH. Abdullah Faqih Langitan. Namun belum juga berani mendirikan pesantren. Atas nasehat, dorongan dan perintah dari guru-guru beliau, KH. Abdul Hadi Zahid Langitan, KH. Abdullah Faqih Langitan, KH. Utsman al Ishaqiy Surabaya, KH. Abdul Hamid Pasuruan, KH. Dimyathi Rois Kaliwungu, Habib al Idrus dan Habib Macan Pasuruan akhirnya pada tahun 1980 KH. Masbuhin Faqih mendirikan pesantren di lokasi yang disepakati oleh para gurunya.

Pesantren itu dinamakan “At Thohiriyah” sesuai nama desanya, Suci. Sedangkan nama madrasahnya “Roudhotut Tholibin” mengikut nama masjid “Roudhtus Salam”. Namun atas saran KH. Ustman al Ishaqiy, nama itu dirubah menjadi Mambaus Sholihin, yang berarti sumber orang-orang saleh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *