Home / Agenda Pondok / PEMBUKAAN DAN PENERAPAN PEMBELAJARAN BACA KITAB METODE AL-MIFTAH SIDOGIRI PADA SANTRI KELAS XII MADRASAH ALIYAH DI PONDOK PUTRI MAMBAUS SHOLIHIN.

PEMBUKAAN DAN PENERAPAN PEMBELAJARAN BACA KITAB METODE AL-MIFTAH SIDOGIRI PADA SANTRI KELAS XII MADRASAH ALIYAH DI PONDOK PUTRI MAMBAUS SHOLIHIN.

Jum’at, 10/01/2020, Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustho Mambaus Sholihin bekerjasama dengan lembaga bimbingan baca kitab (LABBAIK) Pondok Pesantren Mambaus Sholihin mengadakan pembukaan kegiatan pembelajaran metode Al-Miftah untuk kelas 3 Aliyah MDT Wustho di Musholla Barat Pondok pesantren putri pada pukul 20.45 WIB yang dihadiri pengajar kelas 3 Aliyah MDT Wustho dan beberapa guru yang sebelumnya telah mengikuti diklat metode Al-Miftah.
Acara ini dimulai dan dibuka oleh Ust. Najih Baihaqi selaku wakil LABBAIK, dilanjut dengan pelantunan nadhom-nadhom nahwu metode Al-Miftah dari pondok pesantren Sidogiri oleh Ustadz Sirojudin. Nampak para santri sangat senang dan semangat sekali dengan metode ini. Hal ini dikarenakan metode ini cukup memudahkan mereka dalam memahami nahwu dengan nadhom-nadhom yang sangat mudah untuk dihafal. Selain itu, nadhom-nadhom tersebut juga dibawakan dengan lagu-lagu yang sangat familiar di telinga mereka sehingga menambah semangat mereka untuk belajar membaca kitab. Selain pelantunan nadhom-nadhom Al-Miftah mereka juga diajak ice breaking nahwu, agar menghilangkan kejenuhan dan ngantuk mereka. Acara kemudian dilanjut dengan pengarahan dari koordinator LABBAIK MDT Wustho dan ditutup dengan do’a oleh Ust. Najih Baihaqi.
Semoga dengan dibukanya pengajaran baca kitab metode Al-Miftah ini dapat meningkatkan semangat para santri khususnya bagi santri kelas 3 Aliyah dalam belajar membaca dan memahami kitab kuning sebagai bekal untuk dakwah ke masyarakat kelak. Amiinn…