SAMBUNG SANAD, PARA SANTRI MENDAPATKAN IJAZAH SANAD DARI SYAIKH ABDUR ROZZAQ SYRIA

Mambaus Sholihin – Setelah beberapa minggu laksanakan rangkaian Dauroh Ilmiyah bersama Mahasiswa Institut Keislaman Abdullah Faqih (INKAFA) As-Syaikh Abdur Rozaq an-Najm berikan Ijazah Kutub at-Turats kepada santri-santri Pondok Pesantren Mambaus Sholihin. Selasa, (13/12/22).

Didampingi Dr. H. Agus Muhammad Najib, as-Syaikh Abdur Rozaq rawuh di Mushalla Akbar Mambaus Sholihin tepat setelah jama’ah shalat ashar. Memulai acara, Gus Najib menyampaikan bahwa kehadiran beliau di Mushalla Akbar kali ini adalah untuk membacakan kitab Hadist Arba’in Nawawi. “Beliau akan membacakan dan mengijazahkan kepada kita kitab Hadist Arba’in Nawawi karya Fenomenal al-Imam Muhyi Ad-Diin Abi Zakariyya an-Nawawi” jelas Gus Najib.

Selain kitab Arba’in Nawawi, Gus Najib juga menyampaikan bahwa beberapa waktu yang lalu beliau juga mengijazahkan kepada Mahasiswa INKAFA kitab Minhaj at-Tholibin, kitab Riyadh as-Sholihin, serta kitab al-Luma’ fii Ushul al-Fiqh.

Tidak lama setelah acara dibuka oleh Gus Najib, dihadapan ribuan santri yang begitu seksama mengikuti acara, as-Syaikh Abdur Rozaq mulai membacakan 42 Hadist yang terdapat dalam kitab Arba’in Nawawi mulai awal hingga akhir.

Setelah pembacaan kitab Arba’in Nawawi selesai, beliau langsung menjelaskan pentingnya ijazah sanad keilmuan. “Setelah kalian mendengarkan bacaan Hadist Arba’in dari saya, kalian sudah tidak butuh ijazah lagi, meskipun tidak begitu dibutuhkan, saya akan tetap memberikan ijazah kepada kalian untuk berjaga-jaga jika ada bacaan yang terlewat atau tertinggal, maka bisa di lengkapi dengan adanya ijazah ini” terang Ulama’ dari Syiria tersebut.

As-Syaikh Abdur Rozaq kemudian mengucapkan sighat ijazah “Ajaztukum” yang langsung disambut secara serempak oleh seluruh santri yang hadir dengan ucapan “Qobilnaa Ijazah”.

Setelah proses pembacaan kitab dan pemberian ijazah selesai, acara ditutup dengan do’a yang dipimpin langsung oleh beliau as-Syaikh Abdur Rozaq an-Najmi Hafidhahullah. Semoga pertemuan dan majelis tersebut memberikan manfaat yang besar untuk para santri, serta mendatangkan keberkahan untuk kita semua. Aamiin. /Zul

× -