JELASKAN PENTINGANYA QOWAID FIQHIYYAH, KETUA JURUSAN FIQIH DAN USHUL FIQIH UNIVERSITAS AL-AHQAFF YAMAN BERIKAN SEMINAR DI HADAPAN MAHASISWA INKAFA

Selasa, 28 Januari 2020. Pagi selepas jam ngaji Dhuha, mahasiswa dan mahasiswi INKAFA khususnya Prodi ASH-Khusus berduyun-duyun mendatangi aula Darun Nadwah Rushaifah. Mereka mendatangi aula untuk menghadiri acara seminar dan dauroh ilmiyyah bersama al Habib Dr. Abdurrahman As-Seggaf dari Tarim-Yaman yang diselenggarakan oleh Pogram Studi ASH-K INKAFA. Dauroh dengan pembicara yang merupakan ketua jurusan Fiqih dan Ushul Fiqih di Universitas Al-Ahqaff Yaman ini mengusung tema “Pengaruh Qowaid Fiqhiyyah Dalam Menghadapai Masalah Kekinian”.

Seperti acara pada umumnya, lantunan sholawat mahallul qiyam menjadi rangkaian pembuka acara pagi itu. Disusul dengan sambutan-sambutan yang disampaikan oleh Dr. H. Moh. Najib, MA. selaku pembantu rektor INKAFA, serta Ust. Abdul Halim Wahid, M.HI. selaku dekan fakultas syari’ah.

Dalam sambutannya di hadapan mahasiswa dan para dosen, Dr. Moh. Najib menjelaskan bahwa dauroh ini merupakan rangkaian kegiatan untuk mahasiswa prodi ASH-K dimana dalam kurun dua bulan ini, secara rutin mereka mendapatkan materi dan mata kuliah fiqih dan ushul fiqih dari al Habib Dr. Abdurrahman Assegaf yang memang terkenal sebagai pakar fiqih dan ushul fiqh. Untuk membuktikan sekaligus menguji kedalaman pengetahuan yang diperoleh mahasiswa, beliau Dr. Moh. Najib juga mencoba kemampuan salah satu mahasiswa. Salah seorang mahasiswa diuji kemampuannya untuk memberikan metode istinbath hukum berikut dalil dan metode pengambilan dalil dari suatu produk hukum yang telah tertera di dalam kitab al-Muhaddzab. Hal yang hampir sama juga beliau lakukan untuk mahasiswi yang secara intens telah mengkaji kitab ushul fiqih karangan al Habib Dr. Abdurrahman As-Seggaf. Hasilnya, uji kemampuan itupun dengan tuntas berhasil dijawab oleh mahasiswa ataupun mahasiswi yang ditunjuk secara acak.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh al habib Dr. Abdurrahman As-Seggaf. Secara detail dan panjang lebar beliau mengupas tentang fiqih, ushul fiqih dan qowaid fiqhiyyah serta pengaruhnya dalam menghadapi berbagai masalah kekinian. Begitu kompleksnya tema dalam dauroh ini seakan belum cukup untuk beliau terangkan secara sempurna meski telah lebih dari 2 jam beliau mengupasnya.

Akhirnya, acara pun diakhiri dengan do’a oleh beliau setelah sebelumnya beliau bersama INKAFA memberikan penghargaan kepada beberapa mahasiswa yang dianggap telah jauh melebihi target yang dicanangkan.

#santrisuci #santrinekyaimasbuhin #mambaussholihin #inkafa

× -