Home / Al-fikrah / GANDENG PDNU GRESIK, MBM ADAKAN PENGOBATAN GRATIS DI DESA SUMENGKO

GANDENG PDNU GRESIK, MBM ADAKAN PENGOBATAN GRATIS DI DESA SUMENGKO

Sabtu, 18-01-20. Memulai rangkaian acara peringatan hari lahirnya, Markaz Bayt Al-Musa’adah (MBM) menggelar kegiatan bakti sosial yang berupa pengobatan gratis dan santunan kepada mustadh’afin desa Sumengko Duduksampeyan. Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama awal antara Markaz Bayt Al-Musa’adah (MBM) dengan Perhimpunan Dokter Nahdhatul Ulama’ (PDNU) GRESIK yang rencananya akan diikuti dengan kegiatan-kegiatan lanjutan.
Pada pelaksanaan bakti sosial yang bertempat di balai desa Sumengko ini, Markaz Bayt Al-Musa’adah (MBM) bersama PDNU juga melibatkan Dinas Kesehatan Gresik, Klinik Hasyimiyyah (BKIA) Manyar dan Klinik Dar Al-Syifa’ Mambaus Sholihin. Tercatat ada 200 peserta bakti sosial yang didominasi oleh lanjut usia, fuqoro’ dan masakin warga Sumengko. Para peserta ini mendapatkan pelayanan kesehatan mulai dari check up hingga pemberian obat secara cuma-cuma dari dokter dan tenaga medis lainnya yang berasal dari PDNU, BKIA Manyar dan klinik Dar Al-Syifa’. Selain itu, para peserta juga diberikan bingkisan dari Markaz Bayt Al-Musa’adah (MBM).
Acara yang dimulai tepat pada jam 08.00 pagi ini dibuka dengan sambutan-sambutan dari beberapa pihak yang turut hadir. Ketua Markaz Bayt Al-Musa’adah (MBM) H. Ahmad Rizal dalam sambutannya mengutarakan tujuan dan maksud dari diadakannya kegiatan ini, “Ditempatkannya acara pengobatan gratis dan santunan di desa Sumengko ini telah melalui banyak pertimbangan, termasuk dikarenakan faktor kedekatan emosial antara kepala desa Sumengko Bpk. H. Mashabi, yang juga alumni dari pondok pesantren Mambaus Sholihin”, ujar beliau panjang lebar.
Hal yang tak jauh berbeda juga diungkapkan oleh dr. Abid Fahruddin, Sp.Pk selaku perwakilan dari PDNU. “Kegiatan ini adalah kali pertama dalam bentuk kerjasama dengan MBM, pasca berdiri dan dilantiknya PDNU kabupaten Gresik sejak Desember 2019 silam. Karenanya, kami minta do’a dan dukungan agar kegiatan dan keberadaan PDNU di kabupaten Gresik benar-benar bisa dimanfaatkan secara langsung oleh masyarakat lapisan bawah”, tambah beliau di tengah sambutan.
Selaku tuan rumah, Bpk. H. Mashabi sebagai kepala desa Sumengko menyampaikan apresiasi yang sedalam-dalamnya atas terselenggaranya kegiatan ini. “Kami mewakili warga desa Sumengko berterima kasih sebanyak-banyaknya atas terselenggaranya kegiatan di desa Sumengko ini. Semoga kegiatan ini benar-benar bisa terus berkesinambungan dan istiqomah, sehingga akan semakin banyak juga warga masyarakat yang memperoleh manfaat dari kegiatan-kegiatan seperti ini”, terang beliau. Mewakili pimpinan DPRD Gresik, Bpk. Khoirul Huda juga menyampaikan apresiasinya kepada MBM dan PDNU. Beliau juga menegaskan komitmennya untuk terus memberikan dukungan kepada kegiatan-kegiatan sosial seperti ini, termasuk juga kepada pengurus PDNU yang baru. Acara ceremonial kemudian diakhiri dengan do’a yang dipimpin oleh ust. Sirojuddin.
Semoga kegiatan Markaz Bayt Al-Musa’adah (MBM) bisa semakin berkembang dan berkelanjutan seiring dengan harapan semakin banyaknya donasi yang dititipkan melalui Markaz Bayt Al-Musa’adah (MBM) lewat transfer ke rekening BCA 7415 04 5000 an. KH. Masbuchin Faqih atau nomor kontak 08573219043.
Jayalah MBM.. Jayalah MBS… Berkah, berkah berkah….