Home / Agenda Pondok / DIKLAT MENGAJAR KITAB KUNING METODE AL-MIFTAH SIDOGIRI DI PONDOK PESANTREN MAMBAUS SHOLIHIN

DIKLAT MENGAJAR KITAB KUNING METODE AL-MIFTAH SIDOGIRI DI PONDOK PESANTREN MAMBAUS SHOLIHIN

Darun Nadwah Rusyaifah (Aula serbaguna Pondok Pesantren Mambaus Sholihin) diadakan Diklat mengajar kitab kuning metode AL- MIFTAH Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan untuk sesi pertama pada Kamis, 26/12/2019. Adapun pesertanya adalah dari semua tenaga pengajar putra Pondok Pesantren Mambaus Sholihin.
Dalam acara tersebut dibuka langsung oleh pengasuh Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Romo KH. Masbuhin Faqih, diantara petuah beliau dalam sambutannya agar tenaga pengajar di pondok ini lebih punya persiapan sebelum proses belajar mengajar.

Kemudian dilanjut dengan sambutan ketua panitia (Agus Majduddin, Lc., MA) yang mana beliau adalah putra dari pengasuh Pondok Pesantren Mambaus Sholihin. Dalam sambutannya beliau menyampaikan supaya semua peserta bisa mengikuti acara diklat ini sampai selesai, supaya bisa mengamalkan dan menggunakan metode AL-MIFTAH kepada anak didiknya di kelas. Dan dilanjut dengan rangkaian do’a yang dipimpin oleh Romo KH. Masbuhin Faqih.

Setelah acara pembukaan selesai dilanjut acara diklat yang langsung dipimpin oleh team dari AL-MIFTAH Sidogiri dalam pembukaan di sampaikan oleh ketua team yakni Ustadz Qusyairi Ismail bahwa Ilmu yang menopang kemampuan ini adalah nahwu dan sharaf. Ilmu nahwu adalah ilmu kaidah bahasa Arab yang membahas tentang keadaan akhir kata di dalam kalimat dan perubahan yang terjadi padanya. Adapun ilmu sharaf adalah ilmu kaidah bahasa Arab yang membahas pembentukan kata sebelum disusun ke dalam kalimat. Kedua ilmu ini sangat penting untuk dipelajari.

Dan dilanjut dengan penyampaian materi-materi Diklat sesuai rundown acara yang telah ditentukan panitia, semoga dengan diadakannya Diklat ini pendidikan pondok pesantren bisa lebih maju terutama dalam bidang ilmu alat.