Home / Kegiatan MTs / KEMBANGKAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN MAMBAUS SHOLIHIN, LEMBAGA BAHASA MADRASAH TSANAWIYAH ADAKAN WORKSHOP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

KEMBANGKAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN MAMBAUS SHOLIHIN, LEMBAGA BAHASA MADRASAH TSANAWIYAH ADAKAN WORKSHOP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Dalam rangka turut berkontribusi atas kemajuan dan perkembangan bahasa Arab di pondok pesantren Mambaus Sholihin, pagi tadi 06 Oktober 2019 Madrasah Tsanawiyah melalui lembaga bahasa yang dimilikinya mengadakan workshop pembelajaran bahasa Arab bagi tenaga pendidik bahasa Arab di lingkungan pondok pesantren Mambaus Sholihin. Acara ini diikuti oleh segenap dewan asatidz yang mengampu pelajaran bahasa Arab, baik dari jenjang Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, beberapa dosen INKAFA hingga beberapa tutor kursus bahasa Arab harian dari pengurus pondok. Tercatat lebih dari 50 orang putra putri memenuhi ruang aula gedung B INKAFA yang memang didesain tertutup ini.

Acara dibuka tepat pukul 9 pagi dengan sambutan oleh Kepala Madrasah. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan terima kasih atas partisipasi para peserta sekaligus narasumber yang memberikan materi. Nantinya, beliau berharap agar hasil dari workshop ini benar-benar dapat diaplikasikan dalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab yang ada di lingkungan Mambaus Sholihin.

Workshop ini sendiri menghadirkan dua orang narasumber dengan latar belakang dan kualifikasi yang berbeda. Pada sesi pertama, peserta workshop disuguhkan materi tentang eksistensi bahasa, tantangan sekaligus harapannya oleh Drs. KH. Moh. Naser selaku konsultan bahasa sekaligus pendiri Madrasah Alsun Sidoarjo. Setelah jeda istirahat Dzuhur, peserta mulai disuguhkan materi aplikatifnya, yakni metode pembelajaran bahasa arab kalam dan kitabah melalui kitab ‘Arobiyyah li an-Nasyi’iin dengan tutor yang sama dengan materi sebelumnya.

Sore hari menjelang Ashar, peserta disuguhkan materi yang benar-benar baru khususnya bagi kalangan pesantren. Materi ketiga dalam workshop ini adalah pengembangan media pembelajaran bahasa arab digital, aplikasi modern dan online yang disampaiakn secara lugas dan detail oleh Ust. Ahmad Makki Hasan, MA., praktisi Bahasa sekaligus dosen di Universitas Islam Negeri Malik Ibrahim Malang. Dengan berbagai materi ini, panitia sebagaimana disampaikan oleh Ust. Arif Budiono, MA. selaku ketua penitia berharap agar kegiatan workshop ini benar-benar dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan kegiatan bahasa arab, baik di internal Madrasah Tsanawiyah ataupun secara umum semua lembaga yang ada di pondok pesantren Mambaus Sholihin.