Home / Uncategorized / Profil Madrasah Ibtidaiyah (MI)

Profil Madrasah Ibtidaiyah (MI)

Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mambaus Sholihin mulai berdiri dan beroperasi pada 04 Juni tahun 1983. Pendirian Madrasah Ibtidaiyah Mambaus Sholihin merupakan jawaban dari banyaknya permintaan masyarakat sekitar yang menghendaki adanya lembaga setingkat sekolah dasar di desa Suci yang pada saat itu masih belum ada. Karenanya, hingga kini siswa Madrasah Ibtidaiyah Mambaus Sholihin didominasi oleh siswa-siswi asli masyarakat desa Suci.
Saat ini Madrasah Ibtidaiyah Mambaus Sholihin telah resmi mendapatkan status diakui oleh DEPAG dengan NPSN 60719091, NIS 110260, dan NSM 111235250313. Madrasah Ibtidaiyah Mambaus Sholihin juga secara konsisten telah berhasil mendapatkan status “Terakreditasi A” sampai dengan tahun 2019 ini.
Secara geografis, letak bangunan dan gedung Madrasah Ibtidaiyah Mambaus Sholihin berdiri di sebelah timur bangunan Pondok Pesantren Mambaus Sholihin putri dengan luas tanah mencapai 700 m2. Madrasah Ibtidaiyah Mambaus Sholihin memiliki 12 ruang kelas yang juga ditunjang dengan ruang perpustakaan, laboratorium, ruang guru dan kantor madrasah. Hingga kini, Madrasah Ibtidaiyah Mambaus Sholihin tercatat memiliki siswa sejumlah 460 siswa, 26 Guru, 4 tenaga tata usaha, dan 1 tenaga perpustakaan.
Dalam hal kurikulum, Madrasah Ibtidaiyah Mambaus Sholihin mengikuti kurikulum sebagaimana yang dibuat oleh Kementerian Agama serta LP. Ma’arif NU selaku dua induk lembaga yang menjadi tempat MI. Mambaus Sholihin berlindung. Kurikulum yang ada dipadukan dengan nilai-nilai kepesantrenan yang kemudian menjadi ciri khas madrasah. Hal ini tercermin dari beberapa bentuk kegiatan seperti adanya materi belajar al-Qur’an di setiap awal jam pertama yang disusun mengikuti metode pengajaran tertentu, kegiatan istighotsah, manaqib dan lainnya yang rutin diadakan di hari-hari tertentu setiap pekan, serta kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya. Selain kegiatan ekstrakurikuler keagamaan sebagaimana tersebut, banyak juga kegiatan ekstrakurikuler lainnya seperti drum band, kepramukaan, kursus computer dan lain sebagainya.

Visi dan Misi
Visi Madrasah Ibtidaiyah Mamba’us Sholihin adalah Alim, Sholih dan Kafi.
Untuk mencapai Visi seperti di atas, maka misi yang ditetapkan sebagai berikut :

  1. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif, sehingga setiap siswa berkembang secara efektif sesuai dengan potensi yang dimiliki.
  2. Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah.
  3. Mendorong dan membantu setiap siswa untuk mengenali potensi dirinya, sehingga dapat dikembangkan secara maksimal.
  4. Menumbuhkan penghayatan dan pengamalan terhadap ajaran agama Islam ala ahli sunnah wal jamaah dan budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak.
  5. Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan masyarakat yang terkait dengan sekolah/pendidikan.

Tujuan
Tujuan pendidikan dasar secara umum adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Secara khusus tujuan pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Mambaus Sholihin adalah:

  1. Mencetak lulusan yang berilmu, terampil, beriman dan bertaqwa serta berakhlakul karimah;
  2. Mewujudkan lingkungan madrasah yang dinamis agar dapat memberi pelayanan yang maksimal;
  3. Menjadikan warga madrasah mampu memahami visi dan misi madrasah;
  4. Mengembangkan minat dan bakat yang dimiliki siswa dan siswi;
    Memanfaatkan eksistensi Madrasah Ibtidaiyah Mambaus Sholihin salah satu pendidikan dasar yang berada di dalam naungan Yayasan Mambaus Sholihin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *